Senin, 09 April 2012

GALAU UN ??? masih jaman ??? :P

Teman-teman semua . Tak terasa sekali kita hampir menginjak H-7 untuk menghadapi hari yang ditunggu-tunggu . Yupzz UN tentunya . Bikin pusing kan ??
Apalagi di Matematika . haduuuhh bikin stres banget deh. b.Ingrisnya juga gak kalah bikin frustasinya . (tanpa bermaksud mengenyampingkan B.Indonesia :P) . Yaa kalo menurut saya pribadi, memang yang masih jadi kendala banget sih yaa di 2 bidang itu . Abis kalo difikir-fikir, buat apa belajar cape-cape , pusing-pusing tentang Matematika : Limit, Integral, Trigonometri , dll . Toh pada konsep penerapan dikehidupan sehari-haripun paling yang dipake tuh cuman Perkalian , Pertambahan, Pengurangan dan pembagian ajah . Yaa gak ?? tanpa ada embel-embel nya segala macem yang bikin otak rasanya pingin meledak layaknya bom waktu. heuu
Kalo bahasa Inggris mungkin lebih ke sabar ajah kali yak . Berhubung bahasa itu yang dipakai sebagai bahasa Internasional , yaa jadi mau gak mau kudu and wajib bisa. Hmm minimal tau lah . Gak usah bisa-bisa amet lah secara kan kita orang Indonesia. Betul ?? so, belajar bahasa Inggris itu emang perlu, perlu banget malahan, tapi tetep guys pada bahasa bangsa kita seperti yang tercantum pada SUMPAH PEMUDA. Jadi nilai Patriotismenya juga gak boleh ilang . Minimal nilai B.Indonesia kita kudu jauh lebih besar daripada nilai B.Inggris kita . (Prinsip hidup saya sih gitu) hehe . wajar kali kita gak ngerti bahasa Inggris, wong orang Inggris ajah belum tentu mempelajari dan bisa bahasa Indonesia . yaa kan ? ya dong ?? hihie, kita lahir juga di Indonesia, besar disini dan Insya Allah kembali juga disini . Beuuhh hidup Indonesia !! wkwkwk
Lahhh ko jadi ngelantur kesitu yak kita ??
haha gak apa-apa deh sedikit memotivasi ajah , meskipun gak sehebat Mario Teguh . hoho :)
Balik lagi ke UN nih teman-teman . Heuhh andai ada keringanan untuk diperbolehkan tidak mengikuti UN tetapi tetap LULUS . Beuhh siapa yang gak mau pastinya. Apalagi standar UN tahun 2012 ini kan bener-bener Masya Allah banget kan , pastii semuanya udah pada tau. hmm 4 !! plus nilai rapot yang di UN kan WAJIB 76 dari semester 1 sampai 5 . Haduuhh gimana gak kelenger coba kan ???
Kalo difikir-fikir sih emang berat tapi yaa mau gimana lagi ? Toh kalo difikirin terus tanpa ada usaha yang real kan percuma juga . Yaa tohh ?? Nah , maka dari itu saya mau berbagi sedikit TIPS nih buat yang lagi Galau sama yang namanya UN .
Hmm bukan TIPS juga sih, lebih ke saran kali yaak , atau sama ajah ..??? hihie pokonya apalah namanya terserah . Jadi gini loh teman-teman seperjuangan , biar gak ada penyesalan di akhir, saya mau ngajak-ngajak temen-temen buat ngejaranin TERAPI KHUSUS UN ini , hehe ..
Simak Yak :)

1. Jaga Kesehatan
        Ehmm, kenapa coba saya tulis ini sebagai trik yang pertama ?? karna biar kita sesiap apapun , udah belajar DLL lah . tapi kalau pas hari H-ny kita kenapa-kenapa , misalnya Tuhan kasih kita sakit ?? (naudzu Billahimin dzalik) kan ancur lebur semua harapan rencana yang udah jauh-jauh hari kita bangun dengan susah payah .  huh, jangan sampe deh . mangkanya perhatikan juga kesehatan , jangan terlalu diporsir belajarnya , inget otak kita juga punya batas kapasitas . sama seperti kita , butuh refresing . Tanpa bermaksud nyuruh teman-teman buat santai juga, tapi lebih ke belajar bertahap . Sedikit-sedikit tapi sering , itu lebih baik. Terus jaga makanan , terutama buat temenb-temen yang pada punya penyakit kronis alias gampang kambuh . Cepet-cepet konsul deh buat cari solusi yang tepat. Diusahakan makan makanan yang bergizi plus asupan vitamin dan suplemen biar agak sedikit lebih baik. apalagi cuaca di musim ini kan susah banget ditebaknya . Siang bisa panasss banget , Sore mendung eh ujungnya hujan deh gede banget . nah, kondisi yang kek gini nih yang rentan banget akan penyakit . Mangkanya teman-teman , sehat itu kan mahal dan lebih baik mencegah daripada mengobati .

2. BELAJAR sesuai Dosis yang tepat
        Kayak minum obat deh kalau lagi sakit , belajar juga gitu . kalau kebanyakan yang ada nanti OD alias Over Dosis. Ujung-ujungnya sakit trus BUYAR deh apa yang uadah kita persiapin dari awal. Gak mau kan ?? mangkanya kita boleh belajar, harus malahan . But, no Lebay juga . Belajarnya mangkanya jangan ditumpuk, tapi di cicil. Meskipun saya termasuk orang yang gak suka nyicil tapi kali ini saya terpaksa harus mencoba itu . Kenapa ? Karena Otak kita juga memiliki keterbatasan kapasitas yang apabila dipaksa harus menghapal dan mengerti segitu banyak materi dengan waktu singkat pasti tidak akan sanggup. Kecuali teman-teman adalah anak jenius yang mampu mengerti dan mengingat materi hanya dengan mendengar saja. Tapi yang kayak gitu kan 100:1, yaa gak ??
Oleh karena itu demi kebaikan kita dan otak kita, belajarlah dengan dosis atau possinya. sedikit demi sedikit lama - lama menjadi bukit, dengan kata lain mumpung masih punya waktu seminggu lagi, pergunakanlah dengan baik.

3. Minta Doa Orang Tua (Terutama Ibu)
           Ngomong-ngomong tentang ini, pasti identik dengan air mata . Hmm langsung mendadak mellow gitu kali yak . huhh ampunn deh . Memang sih di usia remaja ini kita kan lagi Labil katanya sih , Turun naik gitu emosinya gak stabil dan sangat memungkinkan kalau kita ngelakuin kesalahan yang bikin hati orang tua itu kecewa berat baik secara langsung maupun gak langsung. Yaa kan ? hayoo ngaku :P
haha, tapi mau gak mau Restu dan Maaf Allah itu ada pada Restu dan Maaf Orang tua kita juga loh, apalagi Ibu. Perannya penting banget buat hidup dan masa depan kita , Gimana enggak, wong kita lahir ajah dari  rahimnya kan ?? (Tanpa bermaksud mengenyampingkan seorang ayah ) . nah mangkanya dari sekarang - sekarang cobalah untuk meminta maaf kepada orang tua kita dan meminta restunya . tak hanya itu, buktikan pula dengan perbuatan bahwa kita tak tak akan lagi melakukan hal seperti itu guys, Insya allah kalau Ibu sudah memaafkan dan merestui langkah kita untuk mengikuti UN nantinya , kemudahan dan pertolongan Allah akan segera nyata . baik-baikin orang tua dan jangan bikin hatinya kesal apalagi kecewa . hmm susah deh kalau udah gitu . Nah mangkanya , tunggu apalagi, yuk kita bareng-bareng mengakui kesalahan kita dan menyegerakan meminta maaf kepada ayah dan ibu kita :)

4. Sholat dan Berdoa
        Ini juga gak kalah penting perannya sob, karna tanpa Tuhan kita takkan mampu melalui ini semua . bahkan kalau tanpa kuasanya, kita takkan terlahir di muka bumi ini. yaa kan ?? Oleh karena itu kita sebagai hambanya gak bolleh sombing dan lupa bahwa ada peran Tuhan didalam UN . Kan ada istilah, "Orang Pintar kalah dengan orang beruntung :) " sungguh kepintaran itu tak ada artinya dimata Allah jika orang itu melupakan Allah dengan ia tidak melaksanakan perintah dan menjauhi larangnnya. berdoalah disetiap solat agar Allah memberi jalan dan kemudahan untuk kita dapat melewati UN nanti dan Insya Allah , Allah akan mendengar Doa kita selama doanya khusu dan tulus dari hati . Allah tidak pernah tidur dan selalu ada didekat kita baik kita bahagia maupun dalam kesulitan. Berdoalah ketika kalian senang dan Berdoalah ketika kalian sedang sulit. Dengan sholat dan berdoa sama saja kita curhat kepada Allah dan yang saya rasakan hati ini menjadi tenang dengan balutan tetesan wudhu . mangkanya cobain dehh ??!!! :)
       Nah kalau untuk yang beragama Non-Islam, pasti kalian juga memiliki cara masing-masing untuk berdoa dan melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaan yang di anut. saya yakin semua agama sama, yakni sama-sama bisa berdoa untuk kebaikan kedepan nanti hanya beda cara pengaplikasiannya saja . Pokonya jangan sampai sombong dan menganggap Tuhan seolah-olah tidak berperan dalam Ujian Nasional kita nanti, So dont forget it guys :)

5. Shodakoh dan Puasa
        Nah buat yang satu ini kayaknya khususon buat yang Moeslem deh teman . 2 option ini juga bisa membantu memperlancar langkah kita (Insya Allah) dalam menjalani ritual UN nanti. tidak usah banyak-banyak yang penting ikhlas Lillahi Ta'ala ngelakuinnya . Dan Allah pun maha mengetahui isi hati kita yang sesungguhnya kalau kita emang tulus atau gaknya . Tenang ajah, meskipun orang lain gak tau tapi Allah maha tau dan pasti mencatat amal kita . yaa meskipun hukumnya gak wajib , tapi cara ini juga jitu loohh ;)

6. Minta maaf sama semua orang yang kita kenal dan meminta doa dan support dari mereka
          Sekarang kan jaman udah canggih, jdi meskipun kita gak bisa tatap muka , kita kan bisa lewat berbagai via untuk meminta maaf kepada semua orang yang kita kenal. Karna mungkin kita telah atau pernah melakukan suatu kesalahan terhadap orang itu yang tak terasa. Toh kita jiga kan gak tau seberapa banyak kesalahan yang sudah kita perbuat selama kita hidup didunia ini . Lagian kan moment maaf-maafan bukan cuma pas lebaran ajja ya kan  ?? contoh aja semut, tiap ketemu pasti salaman , ya gak ? meskipun kita gak tau maksud dan tujuannya apa , tapi bisa ditarik kesimpulan bahwa si  semut itu bermaaf maafan dan silahturahmi setiap kali mereka berpapasan . Yaa gak kaya semut juga kali yak , terlalu berlebihan . hmm minimal sekarang-sekarang kayaknya perlu dipraktekin . Nggak setiap papasan muka juga si, tapi via SMS / online dll juga bisa . yang penting kita sudah meminta maaf . Karna setau saya si, orang yang meminta maaf duluan lebih baik daripada orang yang memafkan orang lain . hehe dapet pahala juga kan sob , so gak rugi kan ?? apalagi pulsa jaman sekarang kan banyak bonus nya . hihie

7. Sharing alias belajar kelompok
        Buat ngebahas soal yang gak bisa dikerjain sendiri , cara ini wajib dan perlu banget dilakuin deh. Cozz kan gak semua orang bisa mengerti dan menguasai semua materi yang ada . Yaa toh ?? jadi kalo sharing kan bisa lebih paham. Ketika yang A gak bisa, yang B bantu ngajarin . dan sebaliknya . Soal akan lebih mudah untuk dipelajari . Jadi gak ngebeban sendiri meskipun gak bisa . hehe (*Pengalaman nyata saya) . :)

8. Aktiv bertanya kepada Guru
        cara ini adalah cara terakhir ketika sharing dengan teman-teman sebaya gak mempan alias sama-sama kurang paham dalam menyelesaikan suatu soal . pastu guru juga akan senang hati membantu muridnya jika kita mau meluangkan waktu untuk bertanya . dan selanjutnya mempraktikan apa yang telah guru berikan .

9. Menetapkan Target
        Target adalah suatu yang ingin kita capai dalam periode waktu tertentu . nah dalam UN juga kita tuh sebenarnya harus punya target teman ! Targetnya kalau bisa sih yang tinggi dan jangan hanya sekedar ingin lulus saja, tetapi disertai pula dengan nilai yang memuaskan didalamnya, agar kita sekolah itu tidak sia-sia . siapa yang gak bangga coba punya nilai memuaskan ? pastinya kan bangga banget. Meskipun sulit, tapi jika kita sudah memiliki sebuah target, minimal kita akan melakukan suatu usaha untuk mewujudkan target itu. lain halnya dengan orang yang tidak memiliki target . mau mendapatkan apapun dia tidak akan pernah puas atau bangga. Wujudkan target tersebut dan kita akan merasakan kebanggaan tersendiri di dalam hati kita ! :) Miliki keberanian menetapkan Target dan Capailah !!!

10 . Miliki Keteguhan dan Ketenangan hati dan fikiran
         Apa sih maksudnya ?? Jadi gini, contoh : dirumah kita suasananya gak enak misal mamah dan papah hobinya berantem atau jarang pulang dll lah (Broken Home) .Nah usahakan kita tetap Fokus 1 Tujuan yakni UN . jangan hiraukan mereka ! . karna itu hanya akan membuat fikiran di otak teman-teman dan lama-kelamaan bakalan masuk ke hati. Biasanya darisini muncul yang namanya "BadMood" atau sering disebut BT . Akhirnya malas untuk berlatih soal . gak cuma masalah itu, beberapa problem lain juga bisa terjadi, contoh lain : diputusin pacar atau pacarnya berubah sikap , atau uang jajan kurang , atau pingin beli barang tapi mamah gak ksih uang , atau apalah kasus remaja lainnya yang lagi trend sekarang . Itu semua bisa mempengaruhi Mental, Hati dan fikiran kita loh. mangkanya penting banget. sekali lagi yang kayak gitu mah buang dulu aja, gak usah nambah-nambahin fikiran kita kawan . udah mah pusing pelajaran , ditambah masalah - masalah yang kayak gituan kan IWWWW banget :D haha

      Nah itu dia ke-10 cara yang mungkin bisa sedikit dapat membantu teman-teman untuk menyelesaikan masalah galau UN :) hehe . Emang susah mungkin untuk dilakuin, tapi seenggaknya mbok yaa dicoba dulu toh nduk :) jangan bilang gak bisa dulu, akhh cemen niihh :P Allah kan nyiptain otak kita sama , yang ngebedain adalan isis dalemannya . Antara orang Rajin dan orang malas, itu doang ko. nah sekarang kalau orang lain bisa , Kenapa kita enggak????????? yaa kann ??
kalau kita mau memperbaikinya dari sekarang, belum terlambat ko :) kita masih punya waktu dan jangan sampai kita nyesel akhirnya kawan :) Masuk bareng-bareng , Keluar juga mesti bareng-baren yaa gak ??? hehe SEMANGAT AKHH !!! :D


Salam Hangat

Suci (Chika)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar